Labels

Jumat, 04 Januari 2013

Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegetarian

Vegetarian merupakan pilihan hidup seseorang yang meyakini bahwa dengan hidup tanpa mengonsumsi daging bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Nutrisi dan gizi terpenting bagi ibu hamil yang menjalankan vegetarian terletak bagaimana asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar kebutuhan tubuh akan zat gizi yang meningkat selalu tetap seimbang dan bervariasi, termasuk protein untuk tumbuh kembang janin dan tambahan kalori sebanyak 300 kalori setiap harinya.
Unsur gizi yang terpenting disini adalah protein yaitu zat yang berperan dalam proses-proses dalam tubuh yaitus eperti pembentuka sel darah, albumin, enzim, hormone, mengganti sel-sel dan masih banyak lagi.
Pada dasarnya memang protein hewani memiliki asam amino yang lebih lengkap dibandingkan dengan protein nabati. Penggantinya dalah seperti kacang-kacangan dan biji-bijan yang harus dipenuhi setiap harinya. Sementara kalsium dapat tergantikan dari makanan terbuat dari kedelai, sayuran berdaun hijau atau susu kedelai.
Jenis zat gizi yang diperlukan saat menjalankan masa kehamilan:
  1. Asam Folat, ada pada sayuran berwarna hijau (bayam, kangkung, sawi, dll), polong-polongan, gandum murni, kacang-kacangan, buah-buahan seperti jeruk, lemon. Asam Folat ini diperlukan untuk memproduksi protein dan darah, sekaligus berfungsi sebagai pertumbuhan atau pembelahan sel, membantu pembentukan hemoglobin, sintesis ARN dan ADN
  2. Besi, ada pada buah kering, gandum, polong-polongan, dan sayuran berwarna hijau. Fungsinya membawa oksigen dalam darah, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan terhadap infeksi.
  3. Tembaga, ada pada kacang-kacangan, polong-polongan dan air. Fungsinya untuk membantu penggunaan zat besi dalam tubuh dan metabolisme energi dalam tubuh.
  4. Kalsium, ada pada sayuran berdaun hijau, kacang mete, kacang polong, tahu, yogurt, susu kedelai. Fungsinya memperkuat tulang, gigi, membantu pembekuan darah, dan membangun otot.
  5. Iodin, ada pada garam iodin, rumput laut, fungsinya untuk meningkatkan angka metabolisme basal ibu.
  6. Magnesium, ada pada polong-polongan, sereal gandum, sayuran berhijau daun. Fungsinya kerja saraf dan otot, membantu tubuh memproses karbohidrat.
  7. Seng, ada pada rumput laut, gandum. Fungsinya untuk pembuatan insulin, membantu sintesis protein, ARN dan ADN
  8. Niasin, ada pada sereal gandum. Fungsinya untuk kesehatan kulit, saraf dan pencernaan, membantu tubuh menggunakan karbohidrat.
  9. Fosfor, ada pada seral gandum dan polong-polongan. Fungsinya untuk pembentukan kerangka dan gigi janin, dan memenuhi kalsium ibu.
  10. Potasium, ada pada pisang, kentang, kismis, dan yogurt. Fungsinya menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta kerja otot.
  11. Tiamin (B1), ada pada roti dan sereal gandum. Fungsinya membantu tubuh mencerna karbohidrat.
  12. Riboflavin (B2), ada pada roti, sereal, sayuran berdaun hijau. Fungsinya membantu tubuh melepaskan energi ke sel, untuk kesehatan kulit dan mata.
  13. Vitamin A, ada pada sayuran bedaun hijau, sayuran jingga dan kuning, wortel, blewah. Fungsinya untuk perkembangan sel, pembentukan gigi dan pertumbuhan tulang.
  14. Vitamin B6, ada pada pisang, gandum, polong-polongan. Fungsinya membantu membentuk sel-sel darah merah dan membantu proses karbohidrat, lemak, lipid dan membuat ADN
  15. Vitamin B12 ada pada margarin, susu kedelai dan suplemen makanan. Fungsinya untuk pembentukan sel-sel darah mearah dan membantu menjaga saraf.
  16. Vitamin C, ada pada buah-buahan sitrus, brokoli, paprika hijau, strawberry, kubis, tomat, melon, kentang. Fungsinya untuk mempercepat penyembuhan luka dan tulang, meningkatkan kekebalan terhadap infeksi.
  17. Vitamin D, ada pada susu kedelai, sayuran berdaun hijau, sinar matahari. Fungsinya membantu tubuh menggunakan kalsium dan fosfor dan dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi.
  18. Vitamin E, ada pada minyak sayur, sereal gandum dan sayuran berdaun hijau. Fungsinya untuk mencegah anemia pada bayi prematur, dan penting sebagai antioksidan.

Anda sedang membaca artikel tentang Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegetarian dan anda bisa menemukan artikel Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegetarian ini dengan url http://kesehatanblog1.blogspot.com/2013/01/nutrisi-bagi-ibu-hamil-vegetarian.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegetarian ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Nutrisi bagi Ibu Hamil Vegetarian sumbernya.

Artikel Terkait Kehamilan

0 komentar:

Posting Komentar